Gallery

Get to Know Geodetic Engineering

Annyeong readers…

Saat ini saya lagi ngejalanin kegiatan saya sebagai mahasiswa di salah satu PTN di Indonesia. Saya mengambil jurusan Teknik Geodesi. Ceritanya disini saya mau ngenalin nih apasih geodesi itu. Banyak orang mengira ilmu geodesi belajar tentang batuan, bener gak sih? Anggapan ini sebenarnya salah, ya walaupun nanti di teknik geodesi kita juga bakalan belajar tentang batuan di mata kuliah geologi dasar. Tapi bukan batuan objek utama yang dipelajari di teknik geodesi. Jurusan teknik geodesi masih asing di telinga kebanyakan orang mungkin karena jurusan ini  baru terdapat di beberapa universitas saja di Indonesia, padahal prospek kerja jurusan ini bisa dibilang SANGAT CEMERLANG. Biar gak bingung lagi apa itu teknik geodesi dan kenapa sih harus teknik geodesi, yuk disimak review di bawah ini…

Apa itu teknik geodesi

“Geo” = bumi dan “desi” = ukuran. Jadi, bisa disimpulkan geodesi adalah ilmu yang mempelajari tentang pengukuran dan penggambaran permukaan bumi. Salah satu bentuk produk pekerjaan teknik geodesi adalah peta yang sangat diperlukan di dalam berbagai bidang. Aplikasi google maps or google earth yang kalian gunakan sehari-hari merupakan salah satu hasil pekerjaan seorang geodet. Teknik geodesi juga menjadi pionir dalam survey investigasi suatu proyek/pekerjaan sipil skala besar maupun kecil, misalnya pembukaan penambangan migas di darat/hutan atau di lautan samudera, infrastruktur jalan, irigasi, gedung-gedung, jaringan rel KA, bandara, dll. Jadi, bisa dibayangkan dong gimana jadinya kalo gak ada teknik geodesi ini?:)

Apa saja yang dipelajari serta skill dan kemampuan yang dibutuhkan

Dalam teknik geodesi kita akan belajar bagaimana mendeskripsikan permukaan bumi dan laut secara grafik, digital, atau yang lainnya mengenai sumber daya dan lingkungannya. Bidang-bidang yang akan dipelajari pada teknik geodesi antara lain survey dan pemetaan, geodesi, kadastral/pertanahan, geomatika, dan kelautan. Karena basic yang dipelajar geodesi adalah matematika terapan, pengukuran, surveying dan pemetaan, jadi, buat kalian yang cinta mati sama matematika, suka berjam-jam di depan komputer, suka tantangan, dan suka berpetualang di alam harus banget masuk jurusan teknik geodesi.

Kalau udah lulus kerja dimana

Gak usah bingung lagi mau kerja dimana setelah lulus karena SANGAT BANYAK prospek yang dimiliki lulusan teknik geodesi. Masih sedikitnya lulusan teknik geodesi padahal lulusan teknik geodesi sangat dibutuhkan di berbagi bidang, membuat peluang kita diterima bekerja di lembaga atau perusahaan yang membutuhkan keahlian geodesi lebih besar.

  • Bekerja di lembaga pemerintahan seperti Badan Pertanahan Nasional (BPN), Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Badan Infomasi Geospasial (BIG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Departemen Pertambangan dan Energi, Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Perhubungan, Departemen Kehutanan, Departemen Pekerjaan Umum, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Lembaga Riset (BPPT dan LIPI).
  • Menjadi dosen di perguruan tinggi.
  • Pekerjaan seorang geodet tidak melulu berhubungan dengan pemetaan seorang geodet juga bisa membuka bisnis penjualan alat-alat survey.
  • Jangan salah loh lulusan teknik geodesi juga bisa menjadi seorang presiden. Kalian tahu presiden pertama Amerika, George Washington? Beliau adalah seorang Insinyur Geodesi.
  • Lulusan geodesi bisa bekerja di perusahaan pertambangan atau perusahaan pengolahan energi miyak bumi dan gas seperti Pertamina, Freeport, Chevron, Total, Aneka Tambang (ANTAM), Schlumberger, Caltex, dll.
  • Bekerja di perusahaan survey seperti Surveyor Indonesia, Pageo, GeoOcean, Furgo, Acergy, dll.
  • Kontraktor Bangunan seperti WiKa, Konsultan Teknik, dll.
  • Pencarian pesawat Air Asia QZ8501 yang jatuh di sekitar laut jawa juga membutuhkan keliahlian seorang geodet

Dimana saja universitas yang mengadakan jurusan ini

Di Indonesia baru 6 PTN yang menyelenggarakan program studi teknik geodesi, yaitu UGM, ITB, UNDIP, ITS, ITERA, UNILA, dan Politeknik Negeri Banjarmasin.

PTS: ITENAS Bandung, ITN Malang, dan Universitas Pakuan Bogor.

Semoga review di atas bisa membuka wawasan kalian tentang teknik geodesi. Pokoknya seru banget deh belajar di teknik geodesi kita jadi tau gimana sih bentuk bumi tempat kita hidup ini yang sebenarnya bukanlah “datar ataupun bulat sempurna”, kita jadi tau keunikan yang dimiliki bumi kita ini, dan kita jadi tau bagaimana kita harus memperlakukan bumi tercinta kita ini. Ada quote bagus nih “Cara terbaik memetakan dunia adalah dengan menjelajahinya.” –I Made Andi Arsana.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s